PKBM Sediakan Program Pelatihan untuk Remaja

PEKANBARU (Riau Online): Bagi kalangan remaja dari keluarga kurang mampu yaag tidak bisa melanjutkan studinya bisa memanfaatkan PKBM. Untuk yang tidak bisa melanjutkan ke tingkat SLTA, dapat menggunakan jalur Paket C yang disediakan oleh PKBM.
PKBM selain menyediakan Paket belajar kejar Paket A, B dan C yang setara dengan SD, SLTP, SLTA, juga menyediakan program pelatihan.

Program pelatihan, banyak program yang disediakan seperti pelatihan montir, pelatihan perbengkelan, pelatihan menjahit dan berbagai pelatihan lainnya.

“Biasanya bagi remaja yang ikut dalam pelatihan ini akan mendapat ilmu yang bisa diterapkan untuk kemandiriannya. Juga ada yang berbekal pelatihan ini bisa membuka usaha sendiri atau berwirausaha,” sebut Adimir A. Baluka selaku Ketua Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Provinsi Riau, Selasa (28/8), di Pekanbaru.

Menurut Adimir, pada awalnya kehadiran PKBM memang tidak begitu mendapat respon dari masyarakat. Ini diakibatkan karena masyarakat itu sendiri belum mengetahui dari program PKBM. Ditambah dengan keberadaan PKBM itu yang belum tersosialisai pada saat itu.

Adimir mengharapkan agar masyarakat segera memanfaatkan PKBM ini dengan segera mendaftarkan diri ke PKBM daerah masing-masing.

“Saat ini keberadaan PKBM sudah hampir diketahui oleh masyarakat. Ini berkat sosialisasi yang terus kita lakukan kepada masyarakat mengenai keberadaan dan manfaat adanya PKBM,” ujar Adimir.(ric)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s