Gebyar PKBM

Kecenderungan penurunan buta aksara dari tahun ke tahun menumbuhkan optimisme bahwa target menurunkan angka buta aksara usia 15 hingga 44 tahun 2009 menjadi 5 % dapat tercapai, dengan upaya yang sungguh – sungguh, kerja keras dan konsisten. Optimisme tersebut makin bertambah sejalan dengan makin meningkatnya antusias masyarakat untuk memperoleh haknya dalam bidang pendidikan. Dukungan juga didapat dari berbagai komponen masyarakat dalam mendukung gerakan nasional pemberatasan buta aksara.

Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Kota Batu sebagai penanggungjawab teknis pembinaan program pendidikan kesetaraan dan keaksaraan fungsional senantiasa meningkatan mutu layanan program pendidikan kesetaraan dan keaksaraan. Hal ini diwujudkan dengan banyaknya kelompok – kelompok masyarakat yang bersedian menjadi patner untuk penyelenggaraan Pendidikan Keaksaraan fungsional dibawah pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Batu, seperti PKBM, PKK, Muslimat NU, Persit, Aisyah, dan PGRI. Dengan adanya kerjasama antara Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidik dan dan kebudayaan Kota Batu dengan organisasi masyarakat tersebut tinggal menyelesaikan 660 warga belajar keaksaraan fungsional.

Dengan demikian pemerintah Kota Batu telah menyelesaikan program pemberantasan Buta Aksara pada tahun 2007 ini. Keberhasilan Kota Batu dalam memberantas buta aksara untuk usia 15 – 44 tahun merupakan suatu prestasi yang terbaik. Mengingat baru pertama di Jawa Timur dan Nasional yang telah bebas buta aksara, dengan Penghargaan Tuntas Aksara dari Pemerintah Pusat.

Guna meningkatkan motifasi belajar warga dan semangat penyelenggaran Forum PKBM kota batu mengelar gebyar PKBM dengan agenda gerak jalan sehat, tarik tambang dan volley ball serta basar hasil produk warga belajar Keaksaraan Fungsional. Gebyar PKBM tersebut dilaksanakan pada hari minggu tanggal 16 Maret 2008. kegiatan yang di ikuti dengan antusias warga yang di dukung oleh para guru pendidik atau pamong Pendidikan Anak Usia Dini yang tergabung dalam HIMPAUDI Kota Batu. Keantusiasan terlihat dari hadirnya seluruh warga belajar keaksaraan fungsional dan Warga Belajar Paket A, B C dan Persatuan Senam Tera Indonesia yang menyedot + 3000 orang ini sampai akhir acara. Gebyar PKBM ini baru yang pertama dan direncanakan akan menjadi program tahunan.

sumber : http://plspora.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s